Masterplan Meikarta adalah Rencana Induk berfungsi untuk panduan langkah – langkah guna mewujudkan pembangunan wilayah di Meikarta. Melekat dalam fungsi itu, kegunaan Masterplan tersebut sebagai acuan monitoring dan evaluasi berbagai tahapan pembangunan yang telah ditempuh.

Adanya Master Plan, pembangunan dapat dilihat untuk tahapan-tahapan selanjutnya dalam proses atau pengembangan kota Meikarta dan sebagai acuan pada rencana induk tata ruang kota dan wilayah setempat.

Meikarta Memiliki Masterplan lahan 500Ha. Pada tahap pertama akan di kembangkan di lahan seluas 100Ha. Masterplan Meikarta Cikarang adalah pengembangan dari kawasan CBD seluas 19 hektar di Orange County (dalam tahap pembangunan).

Fungsi Masterplan Meikarta

Disebut Masterplan Meikarta karena isinya tentang perencanaan secara menyeluruh (komprehensif) dan terpadu (integratif). Wikipedia pun mengistilahkan Master Plan sebagai Comprehensive Plan. Sebuah rencana kota maha lengkap menyangkut rancangan pemanfaatan sebuah lahan yang cukup luas dengan segala fasilitas kota.

MasterPlan Meikarta berbicara tentang rencana pembangunan atau pengembangan Kota Meikarta, tempat tinggal komunitas dan faslititas kota dengan segala aspeknya. Seperti rencana pemukiman, jalan raya, jaringan transportasi, sarana pendidikan, hiburan dan rekreasi, sarana bisnis dan perekonomian, ruang terbuka hijau dan berbagai fasilitas umum maupun fasilitas sosial. Meikarta memberikan gambaran umumnya sebagai berikut :

  • Grid Road Network
  • Hospitals and Helthcare
  • Monorail Stasions
  • School and Universities
  • Shoping Centre Officer
  • World Class Fasilities
  • Industrial Reserch Centre

Masterplan Keseluruhan Tata Ruang Kota Meikarta yang memiliki berbagai lokasi lengkap dapat dilihat dalam gambar dibawah ini. Perencanaan secara menyeluruh (komprehensif) meliputi fasilitas umum dan sosial terpadu (integratif) dengan beberapa stasiun monorail.

Gambar Masterplan/Site Plan Meikarta Terbaru

site plan kota meikarta di cikarang terbaru

 

Grid Road Network Meikarta

Rencana grid road atau rencana jalan grid adalah jenis rencana kota di mana jalan-jalan berjalan pada sudut siku satu sama lain, dan membentuk sebuah grid. Biaya infrastruktur  pola grid reguler ini umumnya lebih tinggi dari pada pola dengan jenis jalan yang biasa atau tidak terputus-putus.

 

Rencana Pembangunan Area Meikarta

Yang membedakan Meikarta dengan proyek Lippo lainnya adalah dengan adanya 4 Lapisan jaringan jalan yang sudah direncanakan dengan baik , yaitu transportasi publik mulai dari LRT , Monorail dan juga Bus-bus antar kota.  Dan jalan jalan penunjang dari kapasitas 6 jalur , 8 jalur sampai yang 10 jalur. Koneksi di atas jalan-tingkat antara bangunan dihubungan dengan jembatan pejalan kaki yang nyaman.

Dilihat dari master plan Meikarta ini sendiri sungguh luar biasa ,Lokasi di kawasan Lippo Cikarang Exit Pintu Toll Cibatu km 34 Orange County  langsung terkoneksi ke wilayah kota. Sisi lain dari kota tersebut, telah disediakan taman kota “Central Park seluas 100 Hektar menjadikan satu-satunya central park terbesar di Indonesia.

 

grid road network sebagai design tata kota terbaik ada di Meikarta

Lokasi Hospitals and Helthcare pada Masterplan

Dalam perencanaan Meikarta, dalam materplannya telah menyiapkan fasilitas rumah sakit bertaraf internasional. Sehingga dapat memberikan pelayanan baik bagi penghuni kota bahkan masyrakat Idonesia. Ada Tiga rumah sakit yang telah berencana mejadi bagian Meikarta. Selain itu , terdapat dua Pusat Kesehatan yang akan menunjang rumah sakit – rumah sakit tersebut.

Rumah sakit di meikarta bertaraf internationalMonorail Stasions Meikarta

Monorail adalah sebuah sistem angkutan publik perkotaan (atau dikenal MRT) yang akan dibangun di Meikarta. Monorel ini dibukatelah diresmikan pembangunan nya  pada 2016 lalu. Rencananya melayani 11 stasiun yang membentang sepanjang 86 km (53 mi) dengan dua jembatan kereta paralel. MonorelMeikarta menghubungkan hub angkutan Jakarta dengan “Meikarta”. Pembangunannya dilaksanakan dengan biaya MYR 1.18 miliar oleh pemerintah.

Monorail akan ada di Meikarta

Stasiunnya dirancang berupa jembatan dengan fasilitas pembelian tiket di tingkat dasar. Stasiun-stasiun tertentu terletak di atas jalan raya dan terdapat 3 stasiun yang akan melalui Meikarta. Pembangunan Stasiun Monorail yang menghubungkan Jakarta dengan Meikarta sesuai dengan Rencana Meikarta menjadikan kota ini yang ramah transportasi da memiliki 4 tingkatan jalan publik.

Lokasi School and Universities pada Masterplan

Kota ini akan menghadirkan fasilitas pendidikan dengan membangun 10 (sepuluh) Sekolah Dasar (SD), 5 (lima) Sekolah Menegah Pertama (SMP), 5 (lima) Sekolah Menengah Atas (SMA) dan 3 (tiga) Universitas bersekala Nasional.

Universitas besar dan ternama akan ada di MeikartaTerdapat beberapa Shoping Centre dan Officer dalam perencaannya

Pusat perbelanjaan  atau kawasan perbelanjaan Meikarta, di mana 10 area bangunan membentuk kompleks toko yang mewakili merchandiser dengan jalan setapak interkoneksi yang memungkinkan pelanggan berjalan dari satu unit ke satu unit. Sebuah arcade belanja adalah bentuk spesifik yang melayani tujuan yang sama. Nantinya Pusat perbelanjaan di tahun 2017 menyumbang 8% ruang ritel di Amerika Serikat.

Meikarta Supermarket memiliki 10 Mall yang berada di Meikarta

Pusat Seni dan Budaya

Kota modern ini akan dilengkapi berbagai fasiltas kota modern International yang sudah tidak asing bagi masyarakat perkotaan. Silicon Valleynya Indonesia pun menjadi bagian dari master plan Meikarta.

Dalam Master plan Meikarta, salah satu fasilitas berstandar Internasional yang akan hadir adalah Indonesia Silicon Valley. Lokasi Silicon Valley atau kawasan digital akan di bangun Meikarta , berada berdampingan dengan Industrial Research Centre yang juga bagian dari rencana grand master plan Meikarta.

Kawasan Silicon Valley Meikarta tersebut, nantinya akan lebih mirip seperti kantor pusat Facebook, Twitter , Youtube atau Google di kawasan Silicon Valley, California, Amerika Serikat.

Meikarta International SchoolIndustrial Reserch Di Meikarta

Pusat penelitian Meikarta adalah fasilitas atau bangunan yang didedikasikan untuk penelitian, nantinya terfokus pada area Industri dan tekhnologi. Ada lebih dari ratusan pusat penelitian  yang akan dibangun di Meikarta. Pusat ini menerapkan beragam disiplin termasuk penelitian dasar dan terapan. Selain itu, Meikarta juga membangun 5 universitas dan pusat penelitian guna melakukan penelitian atau kegiatan pendidikan tertentu.

Master Plan Meikarta

Tlp Pemesanan Meikarta
ketentuan harga meikarta terbaru